FUNGSI DNA DAN RNA EBOOK

Dna dna deoxyribonucleicacid, the asid deoksiribonukleik, bahan genetik information of all living hidup, kecualidaripada virus RNA. creatures, with the genetic information in the fungsi dantingkah laku sel. rangka nucleus of cells. it. Artikel tentang DNA (deoxyribonucleic acid) meliputi Pengertian DNA, Sifat dan Fungsi DNA, struktur DNA serta proses replikasi DNA. yang disebut DNA primase yang merupakan jenis DNA dependent-RNA polimerase. Notes 1. STRUKTUR PRIMER 2. STRUKTUR SEKUNDER 3. STRUKTUR TERSIER DNA & RNA DNA (Deoxyribo Nucleic Acid) A. DNA.


FUNGSI DNA DAN RNA EBOOK

Author: Octavia Daniel MD
Country: New Zealand
Language: English
Genre: Education
Published: 24 September 2017
Pages: 835
PDF File Size: 31.39 Mb
ePub File Size: 15.36 Mb
ISBN: 299-2-20830-280-4
Downloads: 60603
Price: Free
Uploader: Octavia Daniel MD

FUNGSI DNA DAN RNA EBOOK


DNA seara tepat bereplikasi memperbanyak diri selama setiap generasi sel.

Essential Medical Words Dictionary In English-Malay - Nam H Nguyen - Google Livros

Pada saat sel melakukan pembelahan, salinan yang identik dengan DNA parental dibagikan ke setiap sel anak. Sehingga, DNA menyediakan instruksi untuk semua generasi masa depan sel tunggal dan keseluruhan organisme multiseluler.

Fungsi DNA dalam mengendalikan aktivitas sel DNA dalam mengendalikan aktivitas sel dilakukan dengan menentukan sintesis enzim dan protein lainnya.

Seperti yang fungsi dna dan rna, protein adalah kelas molekul dengan keanekaragamn fungsi selular esensial paling besar; protein berfungsi sebagai katalisator dan mengatur reaksi metabolik, menyediakan bahan mentah untuk struktur sel, memungkinkan pergerakan, berinteraksi dengan lingkungan fungsi dna dan rna sel lain, dan mengendalikan pertumbuhan serta pembelahan sel.

Fungsi DNA sebagai kumpulan unit informasi Gen yang merupakan fragmen fragmen fungsional pada DNA berfungsi dalam menentukan rangkaian asam amino suatu protein. Banyak gen baik itu ribuan hingga jutaan gen yang berlainan dibutuhkan untuk membuat seluruh protein yang penting dalam sebuah sel.

Struktur DNA Fungsi dna dan rna umum, ciri-ciri struktur DNA adalah heliks ganda double helix ; tersusun atas basa nitrogen Adenin, Guanin, Timin dan Sitosin; dan merupakan polimer dari monomer nukleotida fosfat-gula deoksiribosa-basa nitrogen.

Struktur DNA adalah heliks ganda yang tersusun atas dua utas polinukleotida yang saling terhubung oleh ikatan hidrogen yang lemah. Ikatan hidrogen tersebut terbentuk antara dua basa nitrogen, purin dan pirimidin, yang saling berpasangan.

FUNGSI DNA DAN RNA EBOOK

Adenin basa purin berpasangan dengan Timin basa fungsi dna dan rna yang terhubung dengan ikatan rangkap dua, sementara Guanin basa purin berpasangan dengan Sitosin basa pirimidin yang terhubung dengan ikatan rangkap tiga. Nah, berikut ini struktur molekul dari Adenin dan Guanin, serta Timin dan Sitosin.

FUNGSI DNA DAN RNA EBOOK

Basa nitrogen tersebut terhubung ke suatu gula deoksiribosa pada rantai punggung DNA. Gula deoksiribosa merupakan modifikasi dari gula ribosa, yiatu gula dengan 5 atom karbon, dimana pada atom karbon nomor 2 kehilangan atom oksigennya.

RNA - Wikipédia

Oleh karena itu, gula tersebut dinamakan de-oksi yang berarti kehilangan oksigen. Berikut ini struktur gula deoksiribosa yang terdapat pada struktur molekul DNA: Pada rantai pungung DNA DNA backbonegula deoksiribosa kemudian terhubung dengan suatu gugus fosfat, tepatnya pada atom karbon nomor 5 dari gula deoksiribosa, seperti pada gambar di bawah ini: Ketiga komponen tersebut, yaitu basa nitrogen, gula deoksiribosa dan gugus fungsi dna dan rna membentuk suatu molekul yang kemudian disebut dengan Nukleotida.

Selain fungsi dna dan rna, kita juga mengenal adanya istilah nukleosida, nah letak perbedaan nukleosida dan nukleotida adalah pada ada atau tidaknya gugus fosfatnya.

Jika gugus fosfat dihilangkan, maka disebut dengan nukleosida. Jadi, nukleotida adalah gabunganantara nukleosida ditambah gugus fosfat.

FUNGSI DNA DAN RNA EBOOK

Gabungan dari berbagai nukleotida akan membentuk suatu polimer yang disebut dengan polinukleotida. Polimer tersebut terbentuk akibat ikatan yang terjadi antara gugus fosfat pada satu nukleotida dengan gula deoksiribosa pada nukleotida terdekatnya.

Ikatan tersebut tepatnya terjadi antara gugus fosfat dengan atom karbon nomor 3 pada gula deoksiribosa.

Nucleoprotein

Ikatan itu disebut dengan ikatan fosfodiester. Polinukleotida yang terbentuk memiliki arah, yang fungsi dna dan rna dikenal dengan polaritas, yaitu dari 5 ke 3 atau dari atas ke bawah. Angka 5 dan 3 tersebut sebenarnya merupakan angka pada penomoran atom karbon pada gula deoksiribosa.

Struktur Heliks DNA Dua Polnukleotida yang berbeda arah kemudian saling bergabung dan terhubung dengan ikatan hidrogen yang fungsi dna dan rna antara dua basa nitrogen dimana basa purin berpasangan dengan basa pirimidin untuk membentuk suatu struktur heliks ganda yang disebut struktur heliks DNA.

DNA (Pengertian, Struktur, Fungsi, Sifat, Replikasi)

Nah, berikut ini gambar struktur DNA yang heliks ganda atau double helix: Replikasi DNA Proses replikasi DNA merupakan suatu masalah yang kompleks, dan melibatkan rangkaian protein dan enzim yang secara kolektif merakit nukleotida dalam urutan yang telah ditentukan.

Oleh karena itu proses replikasi DNA disebut sebagai fungsi dna dan rna. Rangkaian peristiwa yang terjadi selama replikasi DNA prokariotik telah dijelaskan di bawah ini.